1 month ago, Posted by: ragamsas50

3 Alat Musik Tradisional Jawa Paling Populer

Kesenian daerah tak akan ada habisnya jika ditilik satu-persatu melalui berbagai jenis seperti alat musik, seni tari, lagu dan bentuk kesenian tradisional lain. Terlebih lagi Indonesia adalah Negara yang penuh dengan keberagaman suku dan ras dan daerah yang pasti akan menghasilkan suatu budaya atau kesenian ciri khas masing-masing. Artikel kali ini lebih menekankan pada aspek beberapa jenis alat musik tradisional yang cukup populer di berbagai kalangan tua ataupun muda.

Gong

                Siapa yang tak tahu alat musik satu ini? berbentuk paling besar dan berat bundar dan dimainkan secara dipukul. Tak hanya sebagai alat musik, gong pun biasa dibuat sebagai simbolis peresmian sesuatu. Gong terbuat dari leburan logam perunggu dan tembaga yang memiliki permukaan yang bundar. Memainkannya pun tak sembarang, gong ditopang oleh kelima jari dan dimaikan dengan cara dipukul oleh stik pendek.

Kendang / Kendhang

                Nadanya yang khas membuat siapapun mengetahui nada kendang. Di Indonesia sendiri kesenian daerah berupa alat music kendang mempunyai berbagai jenis dan penyebutan berbeda di berbagaia asal daerahnya. Kendang merupakan alat musik ritmis yaitu alat musik yang tidak mempunyai nada tapi perannya sangat penting dalam sebuah komponen musik  tradisional khususnya. Siapapun yang menggunakan kendang harus memiliki kemahiran khusus agar menciptakan harmoni yang bagus bagi pementasan.

Saron

                Alat musik satu ini khas dengan bentuk yang unik layaknya piano tetapi cara memainkannya dengan dipukul mengikuti ritme nada yang akan menghasilkan melodi-melodi yang indah. Cara dipukulnya pun  menggunakan sebuah alat bernama tabuh saron. Dalam memainkannya tak hanya dipukul, tapi tangan kiri harus memencet wilahan atau bagian saron sebelumnya yang dipukul agar menghilangkan dengungan di nada sebelumnya.

              Nah beberapa musik  tradisional yang cukup populer di berbagai kalangan. Masih banyak lagi kesenian daerah berupa alat musik tradisional yang cukup terkenal juga. Beberapa musik di atas juga termasuk dalam komponen alat musik sebuah karawitan Baca Disini Juga. Yaitu sebuah seni suara daerah dengan tembang-tembang yang dilantunkan para sinden ditemani alat-alat musik tradisional seperti di atas.

sumber : http://fib.unair.ac.id/Eng/2019/07/31/tim-pakarsajen-fib-unair-sambut-tamu-dari-universite-le-havre-normandie-perancis-dengan-gamelan-dan-tembang-jawa/


Post Views: 26


Leave a comment

Comments

Copyrights © 2017 All rights reserved