10 months ago, Posted by: gamstra

Koresponden

Menurut Purwanto (2011: 13), korespondensi adalah penyampaian maksud melalui surat dari satu pihak kepada pihak lain dapat atas nama jabatan dalam suatu perusahaan atau organisasi dan dapat atas nama perseorangan atau individu. Korespondensi adalah komunikasi antara seorang pegawai dengan orang lain, antara lain pegawai dengan instansi atau sebaliknya, antara pegawai dengan organisasi atau sebaliknya, antara instansi dengan instansi, antara organisasi dengan organisasi dan sebagainya dengan menggunakan surat sebagai media (Priansa dan Garnida, 2013: 68).

Sutrisno dan Renaldi (2014: 123), korespondensi diartikan sebagai teknik membuat surat dan berkomunikasi dengan surat. Korespondensi berasal dari kata Correspondence (Inggris) atau Correspondence (Belanda) yang berarti suatu kegiatan atau hubungan yang terjadi antara pihak-pihak terkait yang dilakukan dengan saling berkiriman surat. Hubungan pihak-pihak yang terkait dalam bisnis biasanya bersifat resmi dan dilakukan dengan surat-menyurat.

Oleh karena itu, korespondensi juga diartikan sebagai surat-menyurat (The Liang Gie, 2014: 18). Maka dapat disimpulkan pengertian dari korespondensi adalah proses surat-menyurat antara pihak-pihak yang saling berkiriman surat baik itu antar pegawai maupun diluar instansi.


Post Views: 131


Leave a comment

Comments

Copyrights © 2017 All rights reserved