10 months ago, Posted by: gamstra

Insan Amanah, Contoh Literasi Di Kota Malang

Kota Malang mulai menggeliatkan budaya literasinya. Budaya literasi ini dimulai dari bangku sekolah, terutama sekolah dasar. Salah satu sekolah yang sudah mulai menggerakkan budaya literasi adalah SD Insan Amanah dan SMPN 5 Kota Malang. Kedua sekolah tersebut menjadi contoh literasi yang ada di Provinsi Jawa Timur.

Seperti yang dikutip dari Radar Malang online, di SD Insan Amanah, ada beberapa pembiasaan yang dilakukan sekolah. Di antaranya, program membaca 30 menit pada awal masuk sekolah. Selain itu, setaip bulan siswa diwajibkan membawa minimal dua buku untuk perpustakaan kelas. Buku-buku ini dibaca setiap hari, bergiliran sampai seluruh kelas membacanya.

Sementara itu, Kepala SMPN 5 Kota Malang Drs H Burhanuddin MPd mengatakan, budaya literasi anak-anak juga kegiatan rutin setiap pagi sebelum dilaksanakannya pelajaran.

”Anak-anak kami suruh baca satu bacaan bebas, yang penting bukan rating dewasa. Setelahnya kami minta anak-anak menulis satu intisari dari buku bacaan,” ujar Burhanuddin.

Menurutnya, cara tersebut jauh lebih efektif dalam mengajarkan anak-anak untuk mengasah kemampuan literasi.

 

source: radarmalang.id


Post Views: 176


Leave a comment

Comments

Copyrights © 2017 All rights reserved