1 year ago, Posted by: gamstra

Sastra Inggris Berbasis Word Class University

 

Dengan berkembangnya jaman dan kecanggihan teknologi, kerap sekali dunia pendidikan terfokus pada pengetahuan yang beraliran eksak atau science. Begitu pula dengan pilihan minat belajar bertaraf universitas bagi anak-anak muda dewasa ini seperti Teknik Industri, Teknik Mesin, Teknik Nuklir, Teknik Biomedika, Arsitektur dan program studi berawalan teknik-teknik lainnya. Namun seiring berjalannya waktu, pengetahuan non-eksak atau yang lebih kerap disebut dengan ilmu sosial juga tidak kalah pentingnya untuk digeluti. Hadirnya MEA atau Masyarakat Ekonomi Asia yang berawal pada tahun 2015 juga sangat berpegaruh dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam ruang lingkup bersosialisasi dan berkomunikasi dengan baik masyarakat lokal maupun interlokal. 

Pengetahuan sosial seperti ilmu hukum, ilmu ekonomi, ilmu politik maupun ilmu humaniora menggarisbawahi beberapa aspek dalam kehidupan yang juga tidak kalah penting. Ilmu humaniora contohnya, ilmu yang mempelajari tentang manusia baik mulai dari segi kemanusiaan hingga pembentukan manusia itu sendiri untuk menjadi berbudaya. Ilmu Humaniora juga mengkaji setiap elemen-elemen yang terdapat dalam setiap budaya. Untuk mempelajari ilmu humaniora, bidang ini tersedia dalam sebuah fakultas bernama Fakultas Ilmu Budaya. Di Surabaya sendiri, banyak fakultas yang memiliki ilmu humaniora. Universitas Airlangga, sebagai salah satu universitas berbasis international dalam World Class University-nya mengantongi akreditasi A pada beberapa program studi yang dimuat. Seperti Sastra Inggris, misalnya. Program studi yang menjadi favorit setiap tahunnya.

                Sebagai salah satu program studi Sastra Inggris yang berakreditasi A di Surabaya, prodi yang tergabung ke dalam Faculty of Humanities atau Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga ini tidak serta merta mengajarkan bagaimana berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris maupun mempelajari diksi-diksi dalam setiap lembar sebuah kamus. Melainkan pembelajaran linguistic, literature, dan cultural studies. Uniknya, yang membedakan antara Sastra Inggris Universitas Airlangga dengan Sastra Inggris lain pada umumnya adalah salah satu minat yang disajikan, yakni cultural studies atau kajian budaya. Menurut Barker, kajian budaya memiliki beberapa aspek yang terdapat dalam kehidupan seperti representasi, artikulasi, power atau kekuatan, budaya populer, subjektifitas dan identitas, yang terakhir adalah teks dan pembacanya. Dengan aspek-aspek berkesinambungan yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan ini, perlu bagi setiap manusia khususnya generasi muda yang mulai memempelajari dan menanamkan ilmu-ilmu yang nantinya akan diaplikasikan kepada masyarakat luas.

                Sesuai dengan visinya yang berbunyi, “menjadi program studi yang mandiri, inovatif, terkemuka di tingkat nasional dan internasional pelopor pengembangan ilmu humaniora dan seni berdasarkan moral dan agama, dengan berperan secara kompetitif dan memberi secara signifikan dalam pengembangan ilmu dan profesionalisme di bidang bahasa, sastra, dan budaya” diharapkan dalam menyelami program studi Sastra Inggris dapat membuka perspektif atau cara pandang yang luas dari berbagai segi dengan signifikan. Serupa dengan nama fakultasnya, gelar Sastra Inggris yang akan didapat adalah S.Hum, yakni Sarjana Humaniora.

                Sastra Inggris Universitas Airlangga juga banyak melakukan kerjasama dengan beberapa unversitas terkemuka baik dalam negeri maupun luar negeri dalam membuat acara-acara bergengsi ditaraf internasiomal. Pada tahun 2015, Universitas Indonesia atau UI menjadi partner dalam melaksanakan konferesi Inter-Asia Cultural Studies yang diselenggarakan di Kampus C Universitas Airlangga. Tahun ini, pada bulan Desember dilaksanakan konferensi internasional dalam kajian urban atau International Conference on Urban Studies dengan tema Border and Mobility yang bekerja sama dengan Ubon Ratchathani Rajabhat University atau URBU dari Thailand. Didukung oleh riset-riset yang berkualitas, program Sastra Inggris mampu menyaingi kecanggihan ilmu masa kini.


Post Views: 236


Leave a comment

Comments

Copyrights © 2017 All rights reserved